HUKUM MENYELIPKAN BASMALAH,HADITS DAN AYAT ALQURAN PADA SURAT UNDANGAN PERNIKAHAN




BASMALAH PADA SURAT UNDANGAN PERNIKAHAN

Resepsi pernikahan merupakan momen istimewa dalam kehidupan seseorang. demi kesuksesannya, segala hal dipersiapkan secara matang, termasuk hal - hal kecil seperti surat undangan. model dan desainnya dibuat sedemikian rupa sehingga elok dipandang mata. Tak jarang untuk memperindahnya, diselipkan untaian hadits, tulisan basmalah, atau ayat Qur'an.
Pertanyaannya :
Bagaimana hukum menyelipkan hadits, ayat al-Qur'an atau basmalah pada surat undangan?

Jawaban:
Pada dasarnya sunnah menulis basmalah pada sebuah surat berdasarkan sebuah hadits :

بِسْمِ اللُه الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ مِفْتَاحُ  كُلِّ كِتَابٍ  

"Bismillahirrahmanirrahim adalah pembuka setiap tulisan." (HR. Katib)
Sedangkan penulisan basmalah, ayat al-Qur'an atau hadits pada undangan terkait dengan pemberiannya kepada orang lain diperinci sebagai berikut:
1. Jika Yakin atau ada dugaan bahwa undangan itu nantinya tidak akan terjaga dari najis ditangan penerimanya, maka hukumnya haram. Karena termasuk tindakan I'anah ala al ma'siah (membantu terwujudnya kemaksiatan).
2. Jika ada dugaan bahwa undangan itu nantinya tidak akan dimuliyakan (yang tidak sampai melakukan yang diharamkan) oleh penerimanya, maka hukunnya makruh.
3. Jika tidak ada dugaan apapun maka boleh.

Referensi

بغية المستر شدين (123)
(مسألة :ي) لايصح بيع نحو الكتب والثياب والاواني المكتوب فيها قران أوسم معظّم اوعلم شرعيّ ولو معلقا في تميمة لكافر وان تحقق احترامه له اتفاقا, وكالبيع نحو النّذر والهبّة من كلّ تملّك اختيارا, نعم تجوز معاملته بالدّراهم المكتوب عليها ذلك وكذ ا بيع البيوت الكتوب عل سقفيها شيء من ذلك قل في الامداد و(م ر) خلافا للتّحفة: أمّا بيعها للمسلم فيحلّ مطلقا نعم انٌ ظنّ أنٌّه لايصو نها عن النّجاسة حرم لاءعانتيه على معصية اولا يحترمها كأد خالها الخلاء كره.
حا شية البجيرمي على منهاج (1/10)
(قوله وابتد أت بالبسملة والحمدلة ) ـ ألى ان قل ـ ( قوله اقتدء بلكتاب العزيز ) خصّه بالذّكر لشرفه والاّ فجمميع الكتب مبدءة بالبسملة لحديث (بسم الله  الرّحمن الرّحيم فا تحة كلّ كتاب) فهو من الشرائع القديمة  ولا ينافيه قول السيوطى : انّها من خصو صيات هده الاّمة لانّ (النّبيّ كان يكتب أوّل بسم الله اي : يأمر بكتابيها فلما نزل قوله ( قل ادعوالله أودعو ا الرّحمن  ) أمر بكتا بة بسم الله الرّحمن فلما نزلت اية النمل امر بكتا بة بسم الله الرّحمن فلما نزّلت اية النّمل أمر بكتابة بسم الله الرحمن الرّحيم ) لأنّ مراده انها بهذا  الترتيب.


Komentar

Posting Komentar

tulis komentar kalian